Rabu, 19 Mei 2010

Society for Worldwide Interbank Financial Telecommunication

Society for Worldwide Interbank Financial Telecommunication
SWIFT adalah singkatan dari Society for Worldwide Interbank Financial Telecommunication beroperasi diseluruh dunia sebagai financial messaging network. melakukan pengiriman pesan transaksi atau perintah secara aman antar lembaga keuangan bank atau non-bank. SWIFT memberikan perlayanan program kepada lembaga-2 keuangan bank atau non-bank melalui jaringan yang disebut SWIFTNet, dan dalam ISO 9362 pengkodean lembaga-2 keuangan bank atau non-bank dikenal sebagai pengkodean "SWIFT" .
Jaringan SWIFT telah meliputi hampir keseluruhan bank didunia dan sampai dengan bulan Desember 2007 pranala SWIFT sudah mencapai 8,332 lembaga keuangan bank dan non-bank dari 208 negara.[1]
SWIFT adalah sebuah perusahaan Koperasi yang berada pada wilayah hukum negara Belgi dan status kepemilikannya dimiliki oleh para anggotanya secara penuh yaitu terdiri lembaga2 keuangan bank atau non-bank di seluruh dunia. SWIFT memiliki kantor hampir diseluruh dunia dan kantor pusat SWIFT berada di La Hulpe, Belgia, dekat Brussels.
SWIFT didirikan di Brussels pada tahun 1973, didukung oleh 239 lembaga keuangan bank atau non-bank di 15 negara. dimulai dengan pemberlakuan standar umum (lihat: standar SWIFT) untuk transaksi keuangan dan sistim proses data saham melalui jaringan berkomunikasi secara global.
Pusat Operasi
SWIFT beroperasi di Amerika Serikat sebagai data pusat. Ini adalah satu dari dua pusat penyaluran data informasi dilakukan secara ekfektif real-time untuk menghindari kemungkinan adanya perlayanan pleonasme.Templat:Huh Kedua data pusattersebut bergantian bertindak untuk dan melakukan pengambilan alih keadaan dimana dapat dilakukan antar kedua data pusat tersebut memiliki struktur kesiagaan penuh melalui rancangan jaringan struktur SWIFT.
interface SWIFT
Templat:Simplify SWIFT sebagai penyedia tinggal pakai bagi kebutuhan para anggotanya melalui fasilitas hubungan langsung antar anggota dengan melalui jaringan komputer SWIFT dan CBT atau computer based terminals dimana para anggotanya dapat melakukan pengaturan pengiriman dan penerimaan pesan-2 mereka. dibawah ini dikenal sebagai pelayanan CBT pada para anggotanya:
SWIFTNet Link (SNL)
SWIFTAlliance Access/Entry/RMA (SAA/SAE/SAR)
SWIFTAlliance Workstation (SAW)
SWIFTAlliance Gateway (SAG)
SWIFTAlliance Starter Set (SAS)
SWIFTAlliance Webstation (SAB)
SWIFTAlliance Messenger (SAM)
Interface adalah juga memberikan kepastian adanya perlayanan Biro Pelayanan SWIFT pada penyambungan ke SWIFTFIN.
IGTplus Interface berasal dari rekan usaha SWIFT dan perlayanan lainnya [2] memberikan perlayanan lain selain perlayanan yang telah diberikan oleh infrasstruktur SWIFT termasuk perlayanan aktraktif dan full back-up secara paripurna.
Perlayanan SWIFT
SWIFT mempunyai perlayan meliputi keberadaan Financial marketplace, Securities, Treasury & Derivatives, Trade Services and Payments & Cash Management.
Securities
SWIFTNet FIX (obsolete)
SWIFTNet Data Distribution
SWIFTNet Funds
Treasury & Derivatives
SWIFTNet Accord
SWIFTNet Affirmations
SWIFTNet CLS Third Party Service
Cash Management
SWIFTNet Bulk Payments
SWIFTNet Cash Reporting
SWIFTNet Exceptions and Investigations
Trade Services
SWIFTNet Trade Services Utility
SWIFT juga memberikan perlayan penyampaian pesan atar perorangan, SWIFTNet Mail, perlayanan ini dimulai pada 16 May 2007.[3] para pelanggan SWIFT bisa mendapatkan konfigurasi secara aman dan rahasia melalui jaringan SWIFTNet didalam Internet. SWIFTNet Mail diperuntukan melakukan pengiriman dokumen bisnis sensitif secara aman dan rahasia [4]
Jaringan SWIFTNet
SWIFT bekerja dengan jaringan infrasstruktur IP dikenal sebagai SWIFTNet.
Program pelacakan pendanaan terroris
Artikel utama untuk bagian ini adalah: Terrorist Finance Tracking Program
Pernah menjadikan sebuah perdebatan berawal dari beberapa publikasi The New York Times, The Wall Street Journal and The Los Angeles Times mengungkapkan bahwa Treasury Department dan CIA, agen rahasia pemerintahan Amerika Serikat, setelah terjadinya serangan 11 September pernah melakukan pemasukan ke dalam sumber data transaksi SWIFT kebijakan ini dinamakannya Program pelacakan pendanaan terroris.[5] setelah publikasi tersebut SWIFT secara keras medapatkan penekanan karena pengungkapan data-2 sensitif kerahasiaan pelanggannya, [6] Pada bulan September 2006 pemerintahan Belgia akhirnya mengakui adanya persengkokolan antara SWIFT dengan kewenangan Amerika Serikat.[7]
Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki

0 komentar:

Posting Komentar


Free CursorsMyspace LayoutsMyspace Comments
print this page